Waspada Benjolan Pada Payudara (FAM)

Payudara merupakan bagian terpenting dalam organ tubuh wanita. Payudara dapat memberikan fungsi yang optimal dan efektif terhadap tubuh wnita. Sebagai salah satu contoh, ASI yang terdapat dalam payudara wanita memilki zat vitamin serta mineral yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan wanita.
Benjolan pada payudara merupakan kelainan yang biasa terjadi pada kaum wanita.

Benjolan pada payudara atau biasa juga disebut dengan FAM (fibroadenomamammae) adalah jenis tumor jinak yang tidak mematikan. FAM atau benjolan di payudara jenis ini biasanya berisi gumpalan lemak yang terbungkus oleh suatu wadah yang menyerupai sebuah kantong.

Tumor jenis ini termasuk tumor jenis tumor jinak yang tidak berbahaya. Nah, untuk itu kami akan membahas mengenai penyebab benjolan pada payudara sebagai refrensi bagi Anda. Mari kita simak pembahasan di bawah ini .

Benjolan Pada Payudara (FAM)

Apa itu Benjolan Pada Payudara?

Penyakit benjolan pada payudara merupakan salah satu penyakit yang harus di waspadai dan jangan di anggap sepele, karena adanya benjolan pada payudara ini bisa di katakan awal kemungkinan terjadinya kanker payudara. Namun, selebihnya juga berupa tumor jinak, kelainan hormonal, infeksi benturan atau trauma, akan tetapi tidak semuanya penyakit kanker di awali dengan adanya benjolan pada payudara.

Baca Juga:  Cara Merawat Miss V Agar Tetap Sehat

Beberapa kasus pemeriksaan kanker payudara tidak sama sekali menemukan adanya benjolan pada payudara. Penyakit benjolan pada payudara ini merupakan penyakit tumor jinak namun tidak berbahaya atau mematikan dan juga tidak akan menyebar atau menyerang ke bagian anggota tubuh yang lainnya.

Ciri-Ciri Benjolan Pada Payudara

  • Kulit payudara teras terbakar
  • Terjadinya perubahan warna kulit payudara dari warna merah muda menjadi warna coklat
  • Keluarnya darah atau cairan dari payudara
  • Munculnya rasa sakit yang terkadang muncul dan terkadang tidak
  • Terjadinya perubahan bentuk atau benjolan pada payudara
  • Puting susu masuk ke dalam
  • Lepasnya salah satu puting

Gejala Benjolan Pada Payudara

Sebenarnya tidak ada gejala awal yang akan dirasakan oleh wanita ketika terkena benjolan pada payudara. Namun, tanda-tanda ini muncul ciri dari pada kanker payudara di periode awal, yang memang harus benar-benar diamati secar rutin oleh wanita, berikut gejala benjolan pada payudara.

  • Ukuran payudara berubah drastis
  • Bentuk payudara yang berubah
  • Nyeri serta perdangan di ketiak
  • Warna puting berubah
  • Ada benjolan yang tidak terasa sakit pada payudara, rasanya seperti kelereng
  • Terkdang nyeri, tetapi nyeri ini sangat jarang sekali dirasakan
  • Warna kulit berubah dan menebal seperti kulit jeruk
  • Area yang terdapat kanker akan terasa lebih hangat dan seperti ada benjolan yang memerah

Penyebab Benjolan Pada Payudara

Setidaknya ada 6 penyebab rasa sakit pada payudara. Apa saja?

  1. Ketidakseimbangan hormonal
  2. Bra terlalu ketat
  3. Tidak menggunakan bra saat olahraga
  4. Kafein kelebihan
  5. Efek samping obat
  6. Kista
  7. Makanan haram

Dan ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab terjadinya benjolan pada payudara (FAM) diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Keturunan dari keluarga

Dari beberapa kejadian yang pernah terjadi dapat disimpulkan bahwa seorang wanita yang berasal dari keturunan yang menderita tumor payudara akan cenderung lebih mudah terserang payudara dibandingkan dengan wanita yang tidak mempunyai faktor keturunan.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

2. Kelebihan berat badan atau obesitas

Berat badan yang terlalu berlebih dapat meningkatkan resiko terkena penyakit tumor payudara khususnya bagi kaum wanita memasuki masa menopause. Hal ini disebabkan karena tubuh mengalami kelebihan lemak yang akan menyebabkan peningkatan kadar hormon estrogen dan insulin penyebab tumor payudara.

 3. Faktor Usia

Seorang wanita dengan usia yang semakin bertambah dan mengalami keterlambatan menopouse akan cenderung lebih mudah mengalami tumor payudara.

4. Faktor Persalinan

Seorang wanita yang mengalami keterlambatan dalam proses persalinan akan memperbesar kemungkinan dirinya terserang tumor payudara.

5. Akibat Terkena Radiasi

Terlalu sering menggunakan alat yang disebut dengan X-Ray apalagi sampai menggunakannya sebagai terapi akan memicu seseorang mudah terkena radiasi pada tubuhnya dan mudah terkena penyakit tumor payudara.

6. Stress

Stress merupakan hal normal jika seseorang mampu mengendalikannya dan mengaturnya dengan cara yang benar dan positif. Namun jika Anda membiarkan diri Anda mengalami stress dalam pikiran yang negatif atau tidak baik, maka hal itu akan menimbulkan efek tidak baik atau menarik energi-energi negatif sehingga tidak menutup kemungkinan terserang tumor payudara.

7. Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol merupakan jenis minuman keras yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh termasuk kesehatan payudara. Selain dapat membuat tubuh menjadi mudah capek, alkohol juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik. Akibatnya virus akan dapat dengan mudah melewati sistem kekebalan tubuh dan menjadikan Anda mudah terserang penyakit.

Apa yang harus dilakukan bila menemukan benjolan pada payudara?

Seringkali wanita panik terlebih dahulu dan merasa frustasi ketika menemukan benjolan pada payudaranya. Tentunya ini bukan hal yang disarankan. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika menemukan benjolan tersebut:

Baca Juga:  10 Makanan Penyubur Agar Anda Cepat Hamil

1. Jangan Panik

Panik tidak akan membantu memecahkan masalah Anda, benjolan pada payudara belum memastikan dengan benar apakah itu benar-benar kanker atau tumor jinak, atau juga kelenjar yang biasanya mengeras dan muncul pada saat PMS.

2. Cari Refrensi Dokter

Carilah referensi dokter terbaik di kota Anda dan buat janji bertemu dengannya. Melakukan pemeriksaan pada ahli akan jauh memberikan rasa lega dan penanganan yang cepat.

3. Pemeriksaan Payudara

Ada beberapa jenis pemeriksaan payudara yang bisa dijalani. Melalui USG, X-ray, atau mammogram. Untuk wanita usia di bawah 50 tahun, tidak disarankan menjalani pemeriksaan mammogram. Kita patut bersyukur karena teknologi telah menemukan pemeriksaan yang cukup detail dan cepat dengan menggunakan USG. Pemeriksaan cara ini juga cukup teliti karena dokter bisa mengetahui dengan pasti area mana saja yang telah terinfeksi, serta mengetahui besar volume kanker.

Demikianlah artikel tentang benjolan pada payudara (FAM) yang telah kami rangkum bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya kaum wanita agar terhindar dari penyakit tumor payudara.

Leave a Reply