Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan – Mungkin tidak semua orang mengetahui rahasia dari buah jeruk lemon. Padahal jeruk lemon banyak kali manfaatnya untuk kesehatan. Manfaat jeruk lemon ini bisa untuk diet, kecantikan dan apalagi kalau jeruk lemon ini dikonsumsi dipagi hari lebih banyak khasiatnya. Yuk mari kita simak manfaat dari jeruk lemon…

Apa Itu Jeruk Lemon

Jeruk lemon merupakan jeruk yang berwarna kuning yang bentuknya agak sedikit lonjong yang banyak digunakan untuk penyedap makanan, dan jeruk lemon sering digunakan sebagai minuman jus buah segar. Dari jeruk lemon ni banyak digemari orang banyak seperti minuman “lemon tea”.

Kandungan dan Manfaat Jeruk Lemon

Kandungan dari buah jeruk lemon ini sangat banyak seperti vitamin C yang sangat tinggi, jeruk lemon kaya akan zat anti bakteri, dan mampu meningkatkan stamina karena jeruk lemon mengandung asam sitrat, magnesium, kalsium, bioflavonoid, pektin dan limonene yang dapat mempertahankan kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

Baca Juga:  Faedah Asam Jawa untuk Kesehatan

Selain dari itu jeruk lemon bisa untuk program diet sebagai penurun berat badan secara alami, karena khasiat dari jeruk lemon dapat memperlancar pencernaan dan pembersih organ hati.

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

1. Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan – Mengeluarkan Racun

Pada perasan jeruk lemon mengandung asam sitrat yang dapat memaksimalkan fungsi enzim dalam tubuh merangsang organ hati yang dapat memaksimalkan proses detoks secara keseluruhan melalui air kencing.

Selain itu mampu meluruhkan batu empedu dan meringankan demam disebabkan oleh malaria. Dalam jeruk lemon mengandung kalium yang dapa membantu menyembuhkan biliousness atau gejala gangguan hati yang bisa menyebabkan muntah, pusing, sembelit dan menurunnya nafsu makan.

2. Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan – Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jeruk Lemon kaya akan vitamin C yang dapat mencegah dan mengobati flu/pilek. Dan kalium dalam kandungan jeruk lemon mampu merangsang fungsi otak dan syaraf yang berperan mengontrol tekanan darah. 

Asam Karbonat dalam jeruk lemon untuk anti pearadangan atau memberikan efek anti inflamasi, Jeruk lemon juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi serta mengandung saponin yang bersifat anti mokroba.

3. Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan – Kecantikan Kulit

Kandungan vitamin C jeruk lemon mempunyai fungi sebagai anti penuaan, menghilangkan komedo dan kerutan. Selain kaya vitamin c, jeruk lemon juga kaya akan antioksidan sehingga dapat melawan keriput akibat radikal bebeas serta membersihakn noda pada kulit dari dalam jika dikonsumsi secara rutin. Jeruk lemon juga mampu mengurangi timbulnya jerawat.

4. Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan – Menjaga Keseimbangan Asam Basa Tubuh

Apabila tubuh tidak normal yang memilki ketidakseimbangan pH atau tidak kesamaan yang kronis akan rentan terkena penyakit. Maka dari jeruk lemon buah yang bagus untuk memastikan keseimbangan pH dalam tubuh. Karena jeruk lemon dapat membantu membuat alkali dalam tubuh sehingga mengembalikan keseimbangan pH.

Baca Juga:  Khasiat Manfaat Pisang Untuk Diet

5. Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan – Melancarkan Pencernaan

Perasan Jeruk Lemon jika dicampur air hangat dapat membantu meringankan masalah pada pencernaan seperti mual, mulas dan heatburn/nyeri ulu hati “naiknya asam lambung”.

Kandungan vitamin c dalam jeruk lemon juga dapat membantu meringankan penurunan tukak lambung disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Dan jeruk lemon juga dapat merangsang saluran pencernaan, gerak usus peristaltik sehingga membantu meneluarkan sampah secara lebih efisien dan menyembuhkan sembelit.

6. Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan – Mencegah Dehidrasi

Diare dapat membuat kita tubuh lemes dan dehidrasi. Kandungan mineral jeruk lemon dalam jumlah banyak dapat membantu Anda terhindar dari dehidrasi akibat dari Diare. Karena saat mengalami dehidrasi, organ tubuh tidak dapat melakukan semua funginya yang mengakibatkan penumpukan racun, stres, sembelit dan masalah kesehatan lainnya.

7. Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan – Kesehatan Mulut dan Gigi

Jeruk lemon juga mengandung sitrus yang dapat membantu mengatasi bau mulut, selain itu jeruk lemon dapat membantu mencegah kerusakan atau karies yang membuat gigi rusak atau berlubang dan dapat juga menghilangkan sakit gigi.

8. Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan – Diet / Menurunkan Berat Badan

Bagi yang ingin menrunkan berat badan, bisa mengkonsumsi jeruk lemon. Karena jeruk lemon bisa membantu Anda menrunkan berat badan, dengan mencampurakn perasan jeruk lemon dengan air hangat. Ingat jangan menambahkan gula di dalamnya.

Bagaiamana Cara Membuat Perasan Jeruk Lemon

Cara membuat perasan jeruk lemon sangatlah mudah, yang Anda perlu lakukan hanyalah

Siapkan jeruk lemonPeraskan jeruk lemon sehingga air perasan jeruk lemon keluar dan buangkan biji-bijinya

Campurkan air perasan dengan air hangat kuku

Baca Juga:  Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Anda bisa menambahkan madu atau kayu manis sesuai selara minum. Tanpa tambahan gula.

Minumlah perasan jeruk lemon dipagi hari setelah bangun tidur sebelum Anda mengkonsusmi makanan dan minuman yang lain.

Apakah Jeruk Lemon Bisa Membuat Sakit Maag Menjadi Parah

Jangan ragu dengan perasan jeruk lemon, jika Anda ada masalah dengan kesehatan seperti asam lambung terutama maag, perasan jeruk lemon jika di campur air hangat tidak lagi menambah keasaman dalam tubuh, malah jeruk lemon bisa menambah tingkat alkali. 

Kalau Anda mengalami maag atau asam lambung cukup kronis, sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda mencoba meminum jeruk lemon. 

Itulah beberapa manfaat jeruk lemon untuk kesehatan yang bisa membantu Anda dengan mengkonsumsi perasan jeruk lemon yang dicampur air hangat secara teratur di pagi hari.

Leave a Reply