Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Tanpa kita sadari banyak buah-buahan yang kaya manfaatnya. Salah satu seperti buah alpukat, bahwa manfaat buah alpukat bagi kesehatan sangat diperlukan dan penting sekali bagi tubuh kita yang dapat membantu mencegah penyakit berbahaya serta dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Buah alpukat banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat, yang sering dikonsumsi dengan cara dibuat jus alpukat. Istilah dari buah alpukat ini dalam bahasa latinnya yaitu Persea Americana. Sebelum memahami apa manfaat buah alpukat, mari kita simak kandungan buah alpukat…

Apa Saja Kandungan Dalam Buah Alpukat?

Kandungan buah alpukat terdiri dari:

  • Protein : 4 gr (kandungan protein buah alpukat lebih banyak daripada buah yang lain)
  • Gula : 0.2 gr (kandungan gula buah alpukat cukup kecil)
  • Vitamin dan Mineral : kandungan buah alpukat kaya akan vitamin dan mineral seperti kalium. Dan alpukat kaya vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5, vitamin C, vitamin E.2
  • Lemak : Kandungan lemak buah alpukat merupakan lemak baik (lemak tak jenuh tunggal), dimana porsinya lebih kurang tiga perempat dari jumlah kalori. 

Manfaat Buah Alpukat

Berdasarkan penelitian manfaat dari buah alpukat dapat untuk menghindarkan penyakit serta menurunkan resiko terhadap gangguan kesehatan.
Nah mari kita simak sama-sama manfaat buah alpukat bagi kesehatan kita

Baca Juga:  Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

1. Manfaat Buah Alpukat – Menjaga Kesehatan Jantung

Bedasarkan peneltian kandungan asam oleat dalam buah alpukat dapat mengurangi LDL kolesterol darah, dan dapatkan meningkatkan HDL dalam darah.

2. Manfaat Buah Alpukat – Mengurangi Resiko Diabetes

Kandungan buah alpukat dapat meningkatkan HDL, yang dapat menjaga asupan kolesterol yang akan membantu mengurangi resiko terjadinya diabetes.

3. Manfaat Buah Alpukat – Mencegah Kanker

Berdasarkan penelitian kandungan fitokimia dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu yang merupakan strategi diet yang sangat baik dalam pencegahan kanker.

4. Manfaat Buah Alpukat – Mencegah Hipertensi

Kandungan kalium buah alpukat dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

5. Manfaat Buah Alpukat – Mengurangi Resiko Stroke

Berdasarkan penelitian kandungan asam folat yang ada didalam alpukat dapat melindungi dan mencegah penyakit stroke.

6. Manfaat Buah Alpukat – Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan dalam buah alpukat kaya akan vitamin dan sumber lutein karotenoid yang dapat membantu melindungi kesehatan mata serta mencegah terjadinya radikal bebas atau macula pada mata.

7. Manfaat Buah Alpukat – Menurunkan Berat badan

Berdasarkan penelitian asam lemak tak jenuh tunggal dalam buah alpukat dapat digunakan sebagai pembakaran energi dan tidak disimpan dalam lemak dalam tubuh kita. Sehingga sangat cocok untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan bagi yang lagi program diet.

8. Manfaat Buah Alpukat – Mencegah Peradangan

Dalam dunia medis manfaat buah alpukat dapat membantu mencegah perdangan, misalnya peradangan sendi atau encok. Sehinggan buah alpukat ini sangat cocok untuk dimanfaatkan untuk anti inflamasi.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan

Kandungan antiosidan, vitamin E dalam alpukat dapat membantu menjaga terhadap penuaan dari paparan sinar matahari, serta vitamin C dalam buah alupkat mampu menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang.Caranya penggunaan alpukat untuk kecantikan yaitu blenderkan atau haluskan buah alpukat ditambah air hangat oleskan pada wajah tangan lebih kurang 30 menit yang tujuannya untuk mencegah keriput dan menghaluskan kulit.
Selain dari manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan penyakit, manfaat buah alpukat bisa juga untuk perawatan rambut.

Baca Juga:  10 Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Manfaat Alpukat Untuk Perawatan Rambut

Perlu diketahui buah alpukat sudah lama digunakan oleh banyak orang di berbagai negara, yang digunakan sebagai perawatan rambut atau creambath. Tujuannya untuk menbantu menghitamkan rambut dan membuat rambut tetap berkilau.
Caranya penggunaan buah alpukat untuk perawatan rambut sebagi berikut:

  • Sediakan buah alpukat 1 biji yang matang
  • Haluskan buah alpukat dengan blender tanpa campuran apapun
  • Bilas pada rambut
  • Biarkan selama lebih kurang 15 menit
  • Lalu bilas hingga bersih
  • Lakukan secara rutin lebih kurang seminggu dan rasakan khasiatnya.

Inilah beberapa manfaat buah alpukat bagi kesehatan, semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan, sehingga dengan memahami manfaat buah alpukat ini dapat sebagai sumber kita untuk memulai hidup sehat. Dan Anda bisa memahami juga dengan manfaat madu.

Leave a Reply