Khasiat Manfaat Pisang Untuk Diet

Manfaat pisang untuk diet – Tentu banyak yang bertanya, Apakah pisang membuat gemuk? Banyak yang mengklaim dan berpendapat bahwa pisang menyebabkan tubuh memproduksi banyak insulin. Sedang insulin adalah zat yang memicu pertumbuhan lemak.Meskipun masih ada perdebatan tentang man buah pisang diet, kali ini akan dibahas apakah buah pisang bermanfaat untuk diet atau bisa menrunkan berat badan atau tidak.

Bagaimana tubuh menghasilkan banyak insulin terkait dengan seberapa cepat makanan menjadi gula dalam aliran darah. Bagaimana Anda bisa tahu jika makanan membuat banyak gula dengan cepat di dalam tubuh? Peringkat indeks glikemik (GI) mencoba memberitahu. Makanan dengan skor GI di atas 75 dianggap makanan tinggi GI. Pisang memilki GI dari 62 ayng dianggap rendah gula.

Pisang

Apakah buah pisang memilki peran dalam menurunkan berat badan atau tidak?? Beberapa orang menyatakan bahwa buah pisang terlalu tinggi kandungan karbohidratnya sehingga tidak baik untuk diet, sedangkan sebagian yang lain menyatakan bahwa pisang memilki kandungan gizi yang lain dan dapat membantu menurunkan dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Faktanya, buah pisang sebgaimana buah-buahan yang lain mengandung banyak nutrisi yang diperlukan untuk tubuh dan sangat baik untuk kesehatan. Apakah Anda sedang menjalani diet untuk memperthaankan berat bdan atau tidak.

Manfaat Pisang Untuk Diet

Berikut beberapa manfaat buah pisang saat diet yang perlu diketahui:

– Mengandung Tinggi Kalium

Manfaat buah pisang untuk diet yang pertama adalah kandungan kalium yang dimilkinya. Kalium merupakan mineral penting bagi tubuh yang diperlukan untuk membantu sistem pencernaan agar berfungsi dengan benar. Kalium juga sangat penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga akan membantu diet agar berjalan dengan semestinya.

Baca Juga:  Jarang Orang Tahu, Inilah Beragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan!

– Mengandung Rendah Gizi

Manfaat buah pisang untuk diet yang lain karena kandungan berbagai nutrisi yang bermanfaat seperti vitamin A, B, C, asam folat, magnesium dan kalium. Buah pisang adalah sumber vitamin B6 tertinggi yang berguna untuk memberikan sekitar 25% dari keperluan nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh. Buah pisang juga mengandung vitamin C yang merupakan antoksidan penting dalam tubuh, tetapi juga diperlukan untuk membangun kolagen.

– Mengandung Rendah Kalori

Banyak orang yang menganggap buah pisang mengandung tinggi kalori, sehingga manfaat buah pisang ambon untuk diet tidak masuk dalam prioritas buah untuk menurunkan berat badan yang baik. Memang benar kandungan kalori dan karbohidrat buah pisang lebih tinggi dari buah lainnya, tapi bukan berarti buah pisang termasuk ke dalam kategori makanan tinggi kalori.

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 92 kalori, yang jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan jenis gorengan yang mempunyai sekitar 375 kalori. Jadi kalori yang dimiliki oleh buah pisang jauh lebih rendah dan sangat baik jika digunakan untuk diet dan menjaga berat badan ideal.

– Mengandung Rendah Lemak

Buah pisang mengandung rendah lemak. Satu buah pisang ukuran sedang hanya mengandung 0,5 gram yang berarti sangat cocok dan berguna untuk menurunkan berat badan. Dengan khasiat buah pisang buat diet yang demikian sangat disayangkan jika dikesampingkan begitu saja.

Jika Anda sedang melakukan diet dengan menjaga asupan kalori untuk menurunkan berat badan, buah pisang sebenarnya merupakan makanan yang ideal. Dengan kandungan serat yang tinggi, manfaat buah pisang buat diet tidak dapat dikesampingkan begitu saja. Dengan mengkonsumsi buah pisang, Anda akan merasa kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk makan akan dapat terkontrol dengan baik.
Demikian manfaat pisang untuk diet ini, semoga dapat menambah pengetahuan kita dan bermanfaat untuk kita semua.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

– Kaya Kandungan Vitamin dan Serat

Buah pisang memilki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan viatmin A dibandingkan dengan buah apel. Pisang kaya akan kandungan potasium dengan kadar potasium mencapai 400mg di dalam pisng yang berukuran sedang. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi untuk tetap dapat menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga:  10 Manfaat Timun Untuk Kesehatan

– Sumber Energi

Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Mengkonsumsi 2 buah pisang sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

– Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah pisang untuk menurunkan berat badan. Bagi yang bermasalah dengan kondisi berat badan, maka dengan rutin mengkonsumsi buah pisang untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenkan, buah pisang memilki kandungan kalori yang relatif kecil.

– Meningkatkan Kesehatan Otak

Dengan menkonsumsinya secar rutin dan sebanyak 3 kali sehari sebagai makanan pencuci mulut.

– Mengobati Jerawat

Cara menggunakan buah pisang untuk mengobati jerawat yaitu, pertama  hancurkan daging buah pisang yang sudah matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunkan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

– Menghaluskan Kulit Wajah

Bagi yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Seperti cara mengobati jerawat, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.

– Mengatasi Diabetes

Bagi untuk penderita diabetes, dengan mengkonsumsi pisang khas daerah Gorontalo yaitu goroho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabete.

– Menyeimbangkan Jumlah Cairan

Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang dan cukup dalam menunjang semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang berperan penting untuk dapat membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

– Mengobati Sakit Maag

Buah pisang ini dijadikan sebuah solusi pada saat tubuh terserang maag. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag.

– Mengatasi Anemia

Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Manfaat buah pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

– Menyehatkan Tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

Baca Juga:  Manfaat Infused Water Untuk Diet

– Menyembuhkan Luka Bakar

Anda dapat menggunakan salah satu bagian tanaman pisang untuk menyembuhkan luka bakar. Caranya, ambil abu daun pisang dan kemudian tambahkan minyak kelapa. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.

– Mencegah Penyakit Jantung

Buah pisang ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung, hal ini karena buah pisang mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi untuk kesehatan jantung. Serat pektin berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

– Memperlancar Sistem pencernaan

Mengkonsumsi buah pisang dengan rutin dapat membantu sistem kinerja pencernaan untuk dapat lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat diserap dan digunakan tubuh secara optimal.

– Meningkatkan Mood

Buah pisang bermanfaat membantu meningkatkan suasana hati sehingga menjadi stabil dan supaya tidak stres.

– Mengatasi Gatal Akibat Terkena Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk yang menganggu dan rasa gatal yang diakibatkannya dapat dihilangkan dengan pisang. Ambil kulit pisang dan oleskan secara perlahan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

– Melancarkan Peredaran Darah

Buah pisang memiliki kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.

– Mengurangi Rasa Sakit Ketika Haid

Apabila sering merasa nyeri setiap kali haid, maka atasi masalah tersebut dengan menggunakan buah pisang. Perbanyak mengkonsumsi buah pisang maka rasa nyeri tersebut dapat mungkin berkurang. 

– Mengurangi Pembengkakan

Buah pisang digunakan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi resiko diabetes tipe II, memperkuat sistem saraf tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta membantu memperoduksi sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang.

– Mengobati Sembelit

Pisang dapat digunakan sebagai obat sembelit yang alami. Buah ini dapat berfungsi untuk membantu memperlnacar buang air besar. Dengan mengkonsumsi pisang untuk menghindari mngerasnya feses yang merupakan gejala awal sembelit.

Itulah Manfaat pisang untuk diet dan kesehatan tubuh. Mengkonsumsi buah pisang untuk mencegah serangan jantung, membantu melancarkan perncernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply