Kembali Beredar Telur Palsu

Telur merupakan produk peternakan yang banyak diminati, telur memilki banyak nutrisi di dalamnya dan sangat mudah dicerna oleh tubuh. Namun kini Anda perlu hati-hati ketika membeli telur ayam, apakah itu ayam kampung maupun telur asin, karena telah kembali beredar telur palsu yang marak dijual di pasaran.

Apalagi sekarang harga sembako yang semakin mahal,sehingga kebutuhan penjual pun semakin meningkat. mereka harus memeras otak bagaimana caranya bisa bertahan. Mereka harus cerdik dalam menjual dagangan nya bagaimana caranya meraih keuntungan yang besar. tanpa memikir dampak akibat kepada para pembeli.

Kembali Beredar Telur Palsu

Seperti contoh nya telur asin seperti biasanya yang kita ketahui terbuat dari telur bebek, dengan proses pembuatan nya membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu lamanya. Demi meraup keuntungan yang berlimpah, produsen-produsen telur asin palsu mulai bermunculan. mereka merubah bahan dasar telur asin yang semestinya dari telur bebek di ubah dengan telur ayam negeri.

Cara pembuatannya sangat sederhana dan memakan biaya yang tidak banyak, bahan bahan dasar pembuatan telur asin palsu itu terdiri dari :

  • Telur ayam negeri yang berukuran besar ( sehingga menyerupai persis seperti telur bebek asli)
  • cuka
  • garam
  • Pewarna Tekstil/ wantek
  • alat suntik bekas.

Proses pembuatan nya pertama tama telur ayam negeri itu di rendamdi dalam air larutan cuka ini berfungsi untuk memudarkan cangkang telurnya, setelah di rendam , cangkang telur di gosok agar warna aslinya berubah, kemudian di suntik dengan garam menggunakan alat suntik, penyuntikan garam kedalam telur juga dapat menghemat waktu proses pengasinan.

Setelah itu telur direbus menggunakan air yang telah diberi pewarna buatan, bisa menggunakan cat tembok, bisa juga menggunakan wantek. setelah matang telur ditiris dan dibersihkan dari sisa-sisa pewarna agar warna cangkang telur asin palsu menjadi lebih mirip dengan telur asin yang asli.

Baca Juga:  Penularan dan Penyebaran HIV AIDS di Indonesia

Kurang dari tiga jam telur asin palsu telah siap untuk dipasarkan. Target pasar biasanya warung-warung makanan, penumpang kereta api, juga penumpang bus. Biasanya telur asin palsu dijual dengan harga yang lebih murah dari telur asin yang asli.

Untuk membedakan antara telur asin yang asli dengan yang palsu butuh ketelitian yang tinggi. Telur asin yang asli tidak terdapat bercak noda seperti cat, sedangkan pada telur asin palsu biasanya terdapat bercak  seperti cat. Jika telur berbalut tepung bersihkan dulu tepung pembalutnya dan cermati warna warna kulitnya, jika telur asin dibelah juga terdapat perbedaannya,jika telur asin palsu warna nya tampak kuning,keputihan karena karena berasal dari telur ayam.

Sedangkan telur asli yang dari telur bebek brwarna kuning kemerahan, yang terakhir anda bisa menguji sederhana terhadap telur asin yang anda beli. gosoklah kulitnya dengan cairan pemutih baju , telur asin palsu warnanya kan memudar sedangkan yang asli tidak. kejelian anda dalam membeli dapat menghindarkan anda dari telur-telur palksu yang beredar.

Yang parahnya lagi sekarang ini marak pemalsian telur ayam kampung. proses pembuatan telur ayam kampung palsu lebih mudah dibandingkan dengan pembuatan telur asin palsu. Cukup menyediakan telur ayam negeri yang berukuran kecil dan cuka. Caranya telur ayam negeri tersebut di rendam selama setengah jam dalam air cuka. kemudian, cangkang telur digosok agar warnanya memudar sehingga menyerupai telur ayam kampung asli. telur ayam kampung palsu ini biasanya di setor kewarung warung jamu pinggiranjalan.dengan harga yang jauh lebih murah dari yang asli.

Namun yang dahsyatnya lagi tidak hanya sampai di situ lo guys, produsen telur palsu juga membuat pindang telur berbahan dasar telur telur busuk yang dipungut dari tempat tempat sampah yang sangat menjijikkan,telur telur busuk tersebut dicampur dengan telur telur rusak yang di dapat dari agen agen dengan harga perkilonya sepuluh ribu rupiah.telur telur tersebut di rebus hingga matang, selagi telu telur tersebut di rebus, bumbu-bumbu untuk pindang di racik dan dimasak, untuk menyamar bau busuk biasanya bumbu pindang memakai banyak kunyit dan daun salam. setelah matang telur pindang di diamkan selama selama semalamagar bumbu lebih meresap sehingga telur busuk tadi bau nya tersamarkan.

Baca Juga:  Penularan dan Penyebaran HIV AIDS di Indonesia

Ada ada saja otak produsen telur, demi meraup untung yang besar menghalalkan segala cara. nah jadi pesan kami dengan kembalinya beredar telur palsu sebaik nya kita para konsumen, pembeli dan penikmat telur seharus nya lebih bijak lagi memilah milih telur yang asli. AWAS jangan salah pilih ya guys.

Leave a Reply