Fakta Khasiat Manfaat Daun Bidara

anfaat daun bidara memiliki banyak kegunaannya yang dapat digunakan untuk medis maupun non medis. Dari zaman dulu di Indonesia dalam agama islam daun bidara sering digunakan untuk memandikan jenazah. Selain itu daun bidara dapat juga untuk kesehatan tubuh. Tanaman bidara berasal dari Arab maupun Indonesia.

Daun bidara dikenal dengan nama latinya ziziphus, dan sering orang menyebutnya dengan widara yang dapat tumbuh di daerah kering dan tandus. Dalam bahasa arab tanaman bidara disebut juga sidroh atau nabka. di mana pada perjalanan Nabi Muhammad SAW juga pernah menggunakan daun bidara ini untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tanaman daun bidara memiliki daun yang berbentuk bulat kecil, tangkainya berduri dan memiliki bunga yang kecil berwarna putih berbulu mengeluarkan aroma wangi. Tanaman bidara biasanya mengeluarkan bunga pada bulan Juni dan Agustus, dan buahnya akan masak atau matang pada bulan Oktober-Desember. Warna buahnya berwarna hijau saat muda.

Fakta Khasiat Manfaat Daun Bidara

Nah dari penjelasan di atas, berikut ini ada beberapa manfaat daun bidara dalam agama islam yang sering digunakan, antara lain:

1. Daun Bidara Untuk Memandikan Jenazah

Bahwa Nabi Muhammad SAW pernah berkata kepada ummu, dan beliau berkata “Mandikanlah dia dengan 3,5 atau 7 kali atau bahakan lebih dari itu. Jika kalian memandang perlu, maka pergunakan air dan daun bidara. (Ummu ‘Athiyyah berkata, dengan ganjil? Beliau bersabda, Ya) dan buatlah diakhir mandinya itu tumbuhan kafur atau sedikit darinya.

Baca Juga:  8 Manfaat Cocor Bebek Untuk Obat Tradisional

2. Daun Bidara Untuk Wanita Haid

Aisyah berkata,” Salah seorang di antara kalian (wanita haid) mengambil air yang dicampur dengan daun bidara lalu dia bersuci. Kemudian dia menyiram air dari atas kepala sambil menggosoknya dengan kuat sampai airnya masuk ke dalam pori-pori dan masuk ke akar rambutnya. Lalu membilasnya dengan air bersih, kemudian dia mengambil  secarik kain yang telah dibaluri dengan minyak misk lalu membersihkan dirinya dengan kain tersebut”.

 3. Daun Bidara Untuk Ruqyah

Wahab Bin Munabih”menyarankan untuk menggunakan 7 lembar daun bidara yang dihaluskan dan melarutkan ke dalam air lalu dibcakan ayat kursi, al-kafirun, Al-Ikhlas, An-Nas ataupun Al-Falaq. Kemudian digunakan untuk diminum atau mandi, minumlah 3 kali sehari dan menyiramnya sebanyak daun yang digunakan, yaitu 7 kali siraman, insya allah penyakit sihir akan hilang, dari cara ini sudah banyak yang memperaktekkan.

4. Daun Bidara Untuk Makanan Dan MInuman.

Buah dari bidara ini dapat dimakan .buah ini boleh dimakan dengan keadaan yang segar ataupun dapat juga di jadikan sirup dijadikan minuman penyegar, dikeringkan, diawetkan ataupun dibuat sebagai manisan, sedangkan diindonesia selain daun ini dijadikan obat ternyata dapat juga dijadikan bahan sayuran untuk dikonsumsi dan juga sebagai makanan ternak.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Tenyata begitu besar manfaat tumbuhan bidara ini sehingga mampu mengobati penyakit hati yang di ganggu oleh jin jahat, namun selain itu ternyata bidara tak kalah hebatnya di bidang kesehatan, bidara mampu mengobati berbagai macam penyakit antara lain:

1. Daun Bidara Mempercepat Menyembuhkan Luka

Bidara mampu menyembuhkan luka akibat jatuh, lecet, maupun luka gores. Senyawa anti inflamasi yang terkandung didalam daun bidara.

Baca Juga:  7 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Cara Pengobatannya

  • Ambil beberapa lembar daun bidara dicuci bersih, hancurkan daun bidara menjadi bubuk. Kemudia campu dengan sedikit air hingga menjadi salap, setelah itu oleskan pada bagian yang luka.

2. Daun Bidara Untuk Kecantikan

Cara Pengobatannya

  • Ambil daun bidara secukupnya, dicuci bersih. Hancurkan daun bidara menjadi halus.
  • Kemudian campur dengan air hinga menjdai masker.
  • Pakai masker pada bagian wajah secara merata.
  • Biarkan Beberapa saat hingga kering
  • Bilas wajah dengan air hangat setelah semua lapisan masker kering
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pakailah secara rutin selama 2 kali dalam seminggu

3. Daun Bidara  Mencegah Penyakit Diabetes

Cara Pengobatannya

  • Ambil daun bidara yang kering, dapat dikonsumsi seperti teh. Tujuannya untuk menstabilkan kadar gula dalam darah.

4.  Daun Bidara Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Cara Pengobatannya

  • Ambil daun bidara secukupnya, dicuci bersih. Kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga menjadi 1 gelas. Diminum saat hangat 1 kali sehari.

5. Daun Bidara Untuk Merawat Kulit Kering

Cara Pengobatannya

  • Ambil daun bidara segar secukupnya, hancurkan daun bidara sampai halus.
  • Campurkan dengan sedikit air
  • Gunakan masker ke bagian kulit yang kering.
  • Bisa dicampurkan dengan madu atau perasan jeruk lemon, agar masker mendapat hasil yang maksimal
  • Digunakan 3 hingga 4 kali.

Nah demikian dari fakta khasiat manfaat daun bidara baik itu medis maupun non medis. Semoga dengan informasi ini bermanfaat untuk Anda. Baca juga artikel tentang kesehatan manfaat jeruk lemon dan manfaat buah merah.

Leave a Reply