Ciri – Ciri HIV Pada Pria dan Wanita

Ciri – Ciri HIV Pada Pria dan Wanita, Ciri – ciri pada pria tidak jauh berbeda dengan pada wanita. Gejala yang sering muncul di awal adalah demam, sakit kepala, kelelahan, nual, diare, dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak atau pangkal paha.

Ciri _ ciri HIV awalnya hampir sama dengan infeksi virus yang lain. Artinya gejala tidak spesifik.Penyakit infulenza pun memiliki gejala yang mirip dengan di atas. Karena tidak spesifikasinya, maka penderita HIV kadang tidak menyadari kalau dirinya terkena HIV.

Ciri – Ciri HIV Pada Pria dan Wanita

Adapun ciri – ciri umum HIV pada pria maupun wanita yang berat adalah :

  1. Penurunan berat badan lebih 10% dalam sebulan
  2. Diare yang lama – lama, lebih dari satu bulan
  3. Demam yang naik turun tanpa sebab lebih dari satu bulan
  4. Batuk yang tidak smbuh – sembuh lebih dari satu bulan
  5. Gatal – Gatal yang lama di seluruh tubuh
  6. Candiasis, bintik – bintik merah pada sebagian besar tubuh

Apa sebenarnya penyakit HIV itu ? Penyakit HIV adalah penyakit yang muncul akibat infeksi virus HIV yang menyebabkan gangguan kekebalan tubuh sekunder (immunodeficiency). Terganggunya sistem kekebalan tubuh ini menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang termasuk ke dalam ciri -ciri HIV pada pria dan wanita di atas.

Penyakit influenza, yang pada orang biasa, bersifat ringan, dan bisa sembuh sendiri dalam hitungan satu mingguan, menjadi parah dan susah disembuhkan. Yah, walaupun itu penyakit ringan, misalnya pilek atau batuk – batuk, kalau berlangsung berbulan -bulan dan tidak sembuh – sembuh, maka itu juga menjadi beban bagi tubuh dalam beraktifitas.

Saat ini HIV belum ditemukan obat penyembuhannya. Yang ada di pasaran, adalah obat yang menghambat perjalanan penyakit, sehingga tidak berkembang menjadi AIDS. Karena itu, berhati -hatilah dalam bergaul. Hindari seks bebas dan narkoba agar terhindar dari penyakit ini.

Baca Juga:  8 Gejala Paru Paru Basah Dan Pencegahannya

Leave a Reply